Bolehkah Menggunakan Toner Setiap Hari? Temukan Jawabannya di SehatQ

Hingga saat ini, masih banyak perempuan yang rela menggiatkan berbagai macam cara dan perawatan agar memperoleh kulit wajah yang bersih dan juga sehat. Salah satu triknya dengan mengenakan produk kecantikan berupa toner ke dalam rangkaian perawatan kulit. Ya, toner ialah salah satu skincare yang tengah terkenal era ini. Tetapi, haruskah toner wajah dipakai tiap hari?

Apa itu toner wajah?

Toner merupakan produk kecantikan yang berbasis air dan juga memiliki bermacam bahan aktif tuk mengatasi dan menanggulangi masalah-masalah kulit tertentu. Umumnya, produk kecantikan satu ini digunakan sesudah mensterilkan wajah dan juga saat sebelum pemakaian pelembap.

Pada dasarnya, kegunaan dari toner itu sendiri amat beragam, bergantung dari bahan aktif apa saja yang terdapat di dalamnya. Tetapi secara umum, toner berperan penting dalam mempersiapkan kulit saat sebelum Kita memakai bermacam produk skincare. Selain itu, toner pun berperan dalam mempertahankan pH kulit, mensterilkan penyumbat pada pori sehingga pori tidak tertutup, mengangkut sel-sel kulit mati, kurangi kelebihan minyak pada wajah, dan menghidrasi serta menutrisi kulit.

Haruskah mengenakan toner setiap hari?

Secara mendasar, Kita tidak perlu memasukkan toner sebagai varian perawatan kulit setiap hari. Alasannya, seluruh skincare pada dasarnya cocok digunakan sesuai kebutuhan kulit pemakainya.

Bila kulit kita dirasa memerlukan toner sebagai upaya perawatan, silakan digunakan. Sedangkan bila kulit kita terasa baik-baik saja tanpa mengenakan toner, maka kita tidak butuh memanfaatkannya, apalagi dengan porsi dan durasi yang berlebihan. Jadi, sah-sah saja bila kita cuma mencuci muka dan mengenakan pelembab wajah.

Apabila kita memasukkan toner dalam rangkaian perawatan setiap hari, toner bisa digunakan satu hari 1 – 2 kali sesudah mensterilkan wajah. Tetapi ingat, seluruhnya kembali kepada kebutuhan tiap-tiap kulit ya!

Panduan memilih toner terbaik

Salah satu hal penting yang perlu tuk dicermati sebelum memakai toner, ialah mengenali tipe kulit wajah kita sendiri. Tentu saja alasannya toner yang tersebar di pasaran mempunyai perumusan dan juga bahan aktif yang bermacam-macam. Setiap toner, tentunya akan cocok pada beberapa kulit, namun tidak cocok pada tipe kulit lain, sehingga kita mesti selektif.

Bila kulit kita bertipe kering, kita dapat mengenakan toner dengan kandungan vitamin E, rosewater, danĀ  juga chamomile, agar toner berperan aktif dalam menghidrasi kulit (hydrating toner). Sedangkan buat kulit kumal ataupun berjerawat, kita dapat mengenakan toner dengan kandungan acid dan sejenisnya.

Sementara itu, untuk perawatan kulit sensitif, kita bisa mengenakan produk toner yang tak memiliki kandungan alkohol. Tidak hanya itu, jauhi pula produk toner yang memiliki bahan tambahan aktif seperti pewangi, perona menthol, ataupun sodium lauryl sulfate. Nah, apapun kebutuhan sehat dan cantik kita, kini kita bisa dengan mudah mendapatkannya di Toko SehatQ.

Panduan pemakaian toner wajah yang benar

Toner wajah digunakan sesudah kita membersihkan wajah dan juga saat sebelum gunakan pelembap. Sesudah memastikan wajah Kita bersih dan juga kering, Kita dapat memakai toner tuk perawatan kulit. Maka, terdapat 2 pola penggunaan untuk toner wajah.

  • Pertama, kita dapat langsung mengenakan telapak tangan. Tuang toner pada telapak tangan seperlunya setelah itu toner di tap-tap ke permukaan kulit wajah.
  • Kedua, Kita dapat menuangkan cairan toner seperlunya pada kapas. Sesudah itu tepuk-tepuk kapas dengan lembut pada area wajah yang ingin diberikan toner. Pemakaian kapas dinilai lebih efisien tuk mengangkut sel-sel kulit wajah yang mati.

Sebagai catatan penting, jangan lupa tuk selalu mencuci tangan sebelum mengenakan toner ya agar kebersihan senantiasa terjaga. Dan bagi anda yang masih belum cukup puas dengan informasi di atas, maka anda bisa menambah wawasan kesehatan di platform kesehatan digital terbaik di Sehatq.com. Di sana, banyak sekali artikel yang bisa anda baca, tentunya sangat kredibel, akurat, dan kekinian.