Kegiatan Selama Tet Festival

Sebagian dari Anda mungkin sudah mengenal apa itu Tet Festival. Namun bagi Anda yang masih belum tahu, Tet Festival ini merupakan sebuah perayaan besar-besaran dan sangat penting perannya bagi warga negara Vietnam. Perayaan ini dilakukan selama satu pekan, dengan menampilkan berbagai macam kegiatan adat perayaan Vietnam.

Perayaan ini dianggap sebagai perayaan penting bagi semua warga Vietnam. Tidak heran jika dalam perayaan ini pasti semua kegiatan dilakukan secara besar-besaran dan meriah. Tidak hanya warga asli Vietnam, warga pendatang juga turut menyaksikan dan menyemarakkan perayaan hari Tet Festival ini. Lantas apa saja kegiatan Tet Festival ini?

Beragam Kegiatan Dalam Tet Festival

Perayaan penting warga Vietnam ini, dilakukan secara meriah dengan menampilkan beragam hiburan. Selain itu, banyak kegiatan tradisi yang dilakukan saat Tet Festival. Beberapa diantara kegiatan yang dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Mudik

 

Kegiatan mudik atau pulang kampung, tidak hanya dilakukan oleh warga Indonesia saat menjelang lebaran. Warga Vietnam juga pulang kampung saat menjelang hari Tet Festival. Mereka yang berada di Kota, pulang ke kampung halamannya masing-masing untuk bertemu keluarganya.

2. Berkumpul Keluarga dan Berkunjung Pada Kerabat

 

Setelah pulang kampung, hari pertama Tet Festival dilakukan dengan berkumpul bersama semua anggota keluarga. Saat berkumpul, biasanya semua anggota keluarga menikmati masakan tradisional yang sangat khas di Vietnam. Masakan ini kerap disebut sebagai makanan yang wajib dimasak dan dihidangkan saat festival Tet berlangsung.

3. Pembagian Angpao

 

Jika kebanyakan orang menerima angpao saat Imlek, maka warga Vietnam melakukannya saat Tet Festival. Biasanya yang mendapat angpao ini adalah anak-anak kecil. Uang angpao dimasukkan dalam amplop merah yang khas dengan hari perayaan.

4. Penampilan Kembang Api

 

Untuk menambah kemeriahan, dalam Tet Festival juga diadakan penampilan kembang api. Tampilan kembang api yang paling utama dan paling meriah, terjadi saat hari pertama usai upacara dimulainya hari Tet Festival.

Setelah itu, warga bisa menyaksikan pesta kembang api lainnya di beberapa wilayah yang ada di sana. Termasuk di kota besar yang ada di Vietnam.

5. Menghias Rumah Dengan Bunga Persik

 

Tet Festival digadang-gadang sebagai hari yang identik dengan musim semi dan bunga persik. Warga Vietnam biasanya menghias rumah dan jalanan dengan bunga persik yang indah. Hal ini dilakukan sebagai wujud atau tanda bahwa musim semi telah tiba.

6. Pengusiran Roh Jahat

 

Kegiatan sakral yang satu ini biasanya dilakukan saat upacara pembukaan Tet Festival. Mengapa dilakukan upacara jenis ini? Warga Vietnam menganggap perayaan Tet Festival sebagai bentuk mengawali hari baru yang lebih baik. Karenanya pengusrian roh jahat dimaksudkan untuk membunuh segala hal yang berbau negatif.

7. Kunjungan ke Kuil-kuil

 

Dalam rangkaian kegiatan selama Tet Festival, warga Vietnam juga punya tradisi berkunjung ke Kuil-kuil yang ada di sekitar mereka. Hal ini juga diwujudkan sebagai rasa syukur dan momen berdoa yang sangat baik.

8. Memakai Baju Baru

 

Dalam menyambut Tet Festival, orang-orang memakai baju baru sebagai bentuk kegembiraan menyambut hari penting Tet Festival.

9. Berkunjung ke Kota

 

Selain di desa-desa, perayaan Tet Festival juga berjalan dengan sangat meriah di wilayah perkotaan. Di Kota, warga Vietnam akan menyajikan masakan-masakan kekaisaran. Tentu saja makanan ini dihidangkan secara besar-besaran di sepanjang jalan pinggiran dekat bangunan kerajaan kuno.

Aneka ragam kegiatan perayaan tersebut menjadi tradisi yang punya peran penting bagi semua warga Vietnam. Karena penting, semua warga Vietnam wajib mengikuti perayaan ini. Bahkan minimal warga harus menyemarakkannya sekali dalam hidupnya.