MENGENAL LEBIH DETAIL, BERIKUT KATEGORI YANG ADA PADI UMKM B2B BAGIAN II

Dengan memaksimalkan keberadaan Pasar Digital UMKM di Indonesia yang meluncur pada Agustus 2020 lalu, pemerintah berharap platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini dapat membantu para pelaku usaha UMKM agar Go Digital dan siap bersaing secara internasional maupun nasional. PaDi UMKM sebagai platform digital jual barang dan jasa BUMN ini, berusaha membuat fitur semudah mungkin dengan beberapa cara agar mudah di pahami oleh pelaku usaha UMKM terutama yang tidak sama sekali bersentuhan dengan digitalisasi. Berdagang secara online diharapkan agar menjadi lebih mudah, transparan, dan memberikan kesan terbaik bagi semua penggunanya dari pihak pembeli maupun penjual.

Mengenal lebih dalam tentang Pasar Digital UMKM atau bisa disebut PaDI UMKM, terdapat beberapa kategori pada PaDi UMKM B2B yang wajib dipahami bagi para penjual yang baru bergabung maupun telah bergabung lama di Pasar Digital UMKM inisiasi BUMN ini. Berikut ini Kategori produk dan jasa yang terdapat dalam PaDi UMKM yaitu Material Konstruksi, Jasa Konstruksi dan Renovasi, Jasa Ekspedisi dan Pengepakan, Pengadaan sewa dan peralatan mesin, Jasa perawatan dan peralatan mesin, Jasa Advertising, Pengadaan dan sewa perlengkapan furniture, catering dan snack. Dan, berikut ini lanjutan bagian dua kategori di PaDi UMKM.

Kategori berikutnya terdapat jasa advertising dan jasa penyiaran yang tidak bersifat iklan yang juga memiliki beberapa sub kategori, yaitu elektronik yang di dalamnya terdapat televisi dan radio, lalu Internet yang terdapat bagian di dalamnya social media, blog, website, dan search engine. Lalu lainnya yaitu Luar ruangan yang memiliki beberapa bagian di dalamnya yaitu spanduk, baliho, billboard, neon box, videotron, dan umbul-umbul.

Untuk kategori lain berikutnya yaitu Pengadaan sewa dan perlengkapan furniture yang memiliki beberapa sub kategori di dalamnya yaitu meja kantor, kursi kantor, rak, sofa, cermin, tempat tidur, lukisan dan tanaman hias.

Kategori selanjutnya yaitu catering dan snack yang juga memiliki sub kategori di dalamnya yaitu, Kue dan juga memiliki beberapa bagian yaitu kue kering, kue basah, dan kue ulang tahun. Lalu sub kategori catering dan snack selanjutnya adalah minuman yang memiliki beberapa bagian di dalamnya yaitu air mineral, energy drink, jus, sirup, softdrink, dan minuman tradisional.

Lalu, Makanan ringan dengan beberapa bagian di dalamnya yaitu biskuit dan wafer, kacang, keripik, cokelat, permen, pudding dan jelly, abon, daging kering, bawang goreng, kerupuk, biji-bijian. Selanjutnya, paket dan parcel makanan yang memiki bagian lain di dalamnya yaitu paket sembako, paket kue kering, paket buah, paket makanan dan paket cokelat. Terakhir, jasa boga dan catering yang tidak memiliki bagian lainnya.