Rumah Minimalis Ala Korea

Siapa yang tidak kenal negara Korea? Negara yang memunculkan genre musik K-pop mampu menembus pasar Asia hingga Indonesia sendiri. Fenomena ini sepertinya tidak akan ada habisnya mengingat begitu banyak fans berat Indonesia yang bahkan merelakan untuk berkunjung ke korea demi menemui fansnya mereka. Ini pula menjadikan negri ginseng bisa merambah ke beberapa perindustrian rumah tradisonal yaitu desain bergaya Rumah Minimalis Ala Korea. Para kontraktor perumahan pun tak takut lagi memperkenalkan desain – desain rumah dengan seni tradisi rumah Korea sehingga menjadi keuntungan besar karena masyarakat pun juga ikut melirik desain tersebut. Bagi Indonesia sendiri hal tersebut nampak tak bermasalah karena membangun rumah sesuai keinginan merupakan suatu hal yang dimiliki setiap orang. Tepat sekali rasanya bila anda salah satu penggemar tradisi korea karena disini menyajikan segalanya utamanya desain minimalis ala korea. Pada dasarnya rumah berdesain korea menjadi favorit, selain membutuhkan lahan yang tidak terlalu luas juga bermunculan desain – desain unik dan trendy sehingga orang – orang pun mewujudkanya.

Mempunyai ciri khas easy dan tidak ribet adalah salah satu alasan pembuatan rumah minimalis di daerah perkotaan. Tidak hanya itu, penduduk desa pun bisa menerapkanya mengingat gaya alaminya mampu terpadu dengan lingkungan alam sekitar. Adanya pengaruh budaya ketimuran seringkali Rumah Minimalis Ala Korea dikaitkan dengan hunian oriental bergaya alam. Ini juga nampak terlihat dari penggunaan ornamen – ornament pure yang sengaja memberikan kesan unik namun nampak sederhana. Tanda ciri khas, biasanya terdapat pada penggunaan batu – batuan di setiap area eksterior seperti pagar, aid atau hiasan taman. Sedangkan ciri lainya bisa dilihat pada perwujudan motif lukiran – lukiran kayu di setiap dinding inside rumah. Sehingga unsur – unsur inilah sebagai tanda untuk mengenal keberagaamn desain menarik bergaya korea.

Artikel lain: Rumah Mewah Minimalis Satu Lantai

Untuk pemilihan cat dinding sendiri, umumnya menggunakan warna dasar putih, kuning dan keabu – abuan. Kenapa harus warna tersebut? Menurut beberapa sumber bahwa warna itulah yang sering muncul di area perumahan korea, mungkin saja sudah menjadi tradisi sejak dahulu dan bisa jadi adalah warna natural demi menonjolkan konsep kedekatan terhadapa alam sekitar. Namun anda juga bisa memadukan warna – warna tersebut dengan keinginan keluarga. Sementara itu Rumah Minimalis Ala Korea anda juga tidak boleh mengabaikan wilayah Asia yang sering berganti – ganti cuaca sehingga perlu memperhitungkan perpaduan desain terhadap model dasar di Indonesia seperti misalnya menggunakan atap pelana (untuk ketahanan tingginya curah hujan) atau eksterior taman hias (memadukan furniture kayu, batu dan bambu untuk menghadirkan nuansa tenang damai).Tak lupa juga, disini menghadirkan beberapa desain ala Korea yang bisa dijadikan sumber referensi. Lihat contoh dibawah.

Sekian dulu pembahasan umum tentang Rumah Minimalis Ala Korea, kiranya dapat bermanfaat dan membantu anda. Terima kasih