Tips Memilih Obat Batuk Pilek Anak Yang Paling Tepat

Saat anak terserang penyakit maka orangtua tentunya menginginkan anak cepat sembuh dan ceria kembali. Penyakit yang sering menyerang anak adalah sakit batuk dan pilek. Untuk itu para orangtua memberikan Obat Batuk Pilek Anak agar anak kembali sembuh. Namun tidak semua jenis obat dapat menyembuhkan gejala batuk dan pilek.

Karena ada berbagai macam jenis obat tergantung dengan gejala yang dialami oleh anak. Untuk itu pastikan orangtua memilih obat yag sesuai dengan penyakit yang diderita oleh anak sehingga obat yang digunakan sudah tepat. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang dapat membantu para orangtua memilih obat batuk dan pilek yang tepat. Berikut tipsnya:

1. Menggunakan Obat Khusus Untuk Anak

Karena yang terkena sakit adalah anak-anak. Maka obat yang digunakan juga harus khusus diberikan untuk anak-anak. Jangan sampai memilih obat batuk pilek anak yang dikhususkan untuk orang dewasa dan nantinya diberikan kepada anak. Hal tersebut sangat perlu diperhatikan dalam memilih obat yang benar.

Karena takaran dosis dan juga kandungan dalam obat orang dewasa dengan anak-anak tentunya berbeda. Apabila anak-anak diberikan obat dengan dosis orang dewasa maka dapat dipastikan akan terjadi overdosis sehingga sakit yang diderita oleh anak akan semakin memburuk.

2. Menggunakan Obat Sesuai Dengan Anjurannya

Sebelum membeli obat batuk pilek anak pastikan terlebih dahulu untuk membaca aturan pakai yang dianjurkan. Karena dengan mengikuti aturan pakai yang terdapat pada kemasan obat, maka dosis yang didapatkan akan sesuai dengan takaran yang dibutuhkan.

Ikuti petunjuk yang disarankan. Apabila ada sendok yang disediakan di dalam kemasana, maka pakailah sendok tersebut, dan jangan menggunakan sendok makan yang tentunya memiliki takaran yang berbeda. Takaran obat biasanya berbeda tegantung dengan usia anak. Untuk itu lebih baik petap mengikuti petunjuk yang disediakan

3. Periksa Komposisi Obat

Sebelum membeli pastikan untuk memeriksa komposisi obatnya. Hal tersebut berguna agar sakit yang diderita oleh anak akan mendapatkan obat yang sesuai dengan melihat dari kompisis yang ada pada kemasan obat.

Komposisi yang biasanya digunakan pada obat batuk dan pilek adalah anti histamine, pengeluar dahak yaitu expectorant, kemudian pereda batuk antitusive dan pengencer dahak expectorant. Itulah beberapa komposisi yang biasanya terdapat pada kemasan obat.

4. Bertanya Kepada Apoteker Atau Dokter

Apabila anda tidak mengetahui apa saja komposisi maupun dosis yang harus diberikan kepada anak adalah dengan menanyakan terlebih dahulu kepada apoteker atau dokter. Hal ini sangat penting agar anda tidak salah dalam memilih obat yang tepat bagi anak.

Sebaiknya pada anak usia dibawah 4 tahun perlu untuk memeriksakannya kepada dokter agar mendapatkan obat yang sesuai dengan resep. Namun, jika anak yang sudah berusia lebih dari 4 tahun maka diperbolehkan untuk membeli secara langsung tanpa resep dokter.

5. Pilih Obat Dengan Bentuk Sirup

Obat yang dianjurkan untuk anak-anak adalah obat dengan bentuk sirup. Karena sirup mudah untuk ditelan oleh anak. Selain itu sirup juga memiliki rasa yang cukup enak sehingga anak akan mau untuk meminum obat tanpa rewel.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan saat akan memilih obat batuk pilek anak yang tepat. Hal ini berguna agar obat yang akan dikonsumsi memiliki komposisi yang tepat dengan sakit yang sedang diderita, sehingga anak akan lekas sembuh. Dapatkan obat batuk dan pilek khusus anak dari berbagai merk hanya di Blibli. Anda juga tidak perlu khawatir karena produk obat yang dijual di Blibli relatif aman untuk dikonsumsi.